Humas Industri dan Bisnis
1. Pengertian Humas Industri dan
Bisnis.
Humas
industri dan bisnis telah diterima oleh perusahaan-perusahaan besar. Humas di
sana merupakan fungsi manajemen yang turut menentukan suksesnya operasi suatu
perusahaan. Humas industri tidak dapat dilepaskan dari prinsip ekonomi. Sebab
industri dan bisnis memiliki orientasi pada keuntungan (profit oriented).
Dengan demikian, humas industri hendaknya memiliki suatu daftar prioritas,
sehingga sumber daya yang tersedia dapat disediakan seefisien mungkin untuk
mendapatkan hasil yang maksimal.
Bila dirinci lebih jauh lagi,
beberapa hal yang berpengaruh terhadap kehidupan dan operasional industri dan
perdagangan adalah sebagai berikut :
a.
Persamaan hak dan kesempatan untuk
mendapatkan pekerjaan bagi masyarakat, memunculkan undang-undang dan peraturan
pemerintah yang menjadi pedoman untuk mencari dan memberi kesempatan kepada
golongan-golongan tertentu.
b.
Kesehatan, keselamatan, dan
kesejahteraan pekerja. Peraturan-peraturan dan hukum yang tidak merugikan
pekerja dan liputan pers tentang pelanggaran-pelanggaran, sangat mempengaruhi
program-program perusahaan untuk para karyawannya.
c.
Perlindungan terhadap investor.
Perlindungan terhadap investor melalui peraturan wajib lapor, merupakan sisi
positif yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menahan investor,
mempengaruhi calon investor potensial.
d.
Kontrol kualitas dan keamanan atas
produk-produk dan pelayanan dengan keuntungan yang memadai.
e.
Integritas manajemen. Meningkatnya
perhatian masyarakat terhadap perilaku bisnis perusahaan-perusahaan industri,
terutama interaksi mereka dengan pemerintah dan struktur politik, serta
komunitas menjadikan perusahaan berhati-hati memutuskan hal-hal yang berkaitan
dengan KKN.
f.
Pertahanan nasional, konservasi dan
perlindungan sumber alam, serta perlindungan lingkungan adalah hal-hal yang
sangat berpengaruh terhadap dunia industri.
g.
Hak Asasi Manusia. Pelanggaran hak
asasi manusia merupakan alasan yang sering digunakan untuk menjatuhkan sebuah
bisnis, menurunkan nilai investasi bahkan pembatalan investor yang sangat
menopang kehidupan industri dan bisnis.
h.
Hak untuk mendapatkan
keterangan/informasi. Meningkatnya arus informasi yang cepat mengakibatkan
makin luasnya kesepakatan bahwa masyaratkat mempunyai hak untuk mendapatkan informasi,
terutama mengenai keputusan-keputusan atau tindakan yang akan membawa dampak
atau mempengaruhi masyarakat.
2.
Peran
Humas Industri Dan Bisnis
Beberapa
penerapan humas dalam industri dan bisnis meliputi :
Ø Hubungan dengan pelanggan,
Ø Hubungan humas terhadap marketing
yang pada akhirnya melahirkan terapan marketing PR (MPR),
Ø Hubungan dengan pemegang saham,
Ø Hubungan dengan karyawan,
Ø Hubungan dengan pers,
Ø Bantuan untuk merekrut pegawai
baru,
Ø Hubungan dengan komunitas
tertentu,
Ø Hubungan antar perusahaan/organisasi
lain,
Ø Hubungan dengan pemerintah (
legislative dan eksekutif).
3.
Tujuan
Humas Industri dan Bisnis
a.
Menurut Rosady Ruslan (2001,
p.246) tujuan public relation adalah sebagai berikut:
Menumbuh kembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
Menumbuh kembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
b.
Mendorong tercapainya saling pengertian antara
publik sasaran dengan perusahaan.
c.
Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public
relation.
d.
Efektif dalam membangun pengenalan merek dan
pengetahuan merek.
e.
Mendukung bauran pemasaran.
4.
Contoh
Kegiatan Humas Industri dan Bisnis.
Menghadapi
persaingan produk/jasa di era kompetisi saat ini,mendorong PR dalam lembaga ini
berperan pokok sebagai pendukung bagian pemasaran/penjualan yang bisa kita
sebut Marketing PR atau MPR.PR berfungsi sebagai penarik minat calon konsumen
terhadap produk/jasa melalui progam2 komunikasi.PR sebagai pencipta pasar
sebelum produk itu diluncurkan.Misalnya saat sebuah perusahaan produsen mobil
hendak meluncurkan mobil keluarga,PR menciptakan suasana publik dimana
pentingnya atau menariknya mobil tipe keluarga ini.PR menciptakan isu2
berkaitan dengan mobil jenis ini.Maka sebelum mobil diluncurkan,pasar sudah
terbentuk dari waktu sebelumnya.Seperti yang sudah saya bahas dalam postingan
sebelumnya,mengapa MPR penting dalam organisasi profit? karena mengingat tidak
lagi efisiennya iklan dan promosi dalam memasarkan produk,maka PR menjadi
penting terutama untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap produk
perusahaan.
terimakasih
BalasHapusIni benarkah?
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusTrimakasi kaa
BalasHapus