Adele - Set Fire To The Rain

Senin, 01 Juni 2015

Humas Industri dan Bisnis



Humas Industri dan Bisnis

1.     Pengertian Humas Industri dan Bisnis.
Humas industri dan bisnis telah diterima oleh perusahaan-perusahaan besar. Humas di sana merupakan fungsi manajemen yang turut menentukan suksesnya operasi suatu perusahaan. Humas industri tidak dapat dilepaskan dari prinsip ekonomi. Sebab industri dan bisnis memiliki orientasi pada keuntungan (profit oriented). Dengan demikian, humas industri hendaknya memiliki suatu daftar prioritas, sehingga sumber daya yang tersedia dapat disediakan seefisien mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bila dirinci lebih jauh lagi, beberapa hal yang berpengaruh terhadap kehidupan dan operasional industri dan perdagangan adalah sebagai berikut :
a.       Persamaan hak dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan bagi masyarakat, memunculkan undang-undang dan peraturan pemerintah yang menjadi pedoman untuk mencari dan memberi kesempatan kepada golongan-golongan tertentu.
b.      Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan pekerja. Peraturan-peraturan dan hukum yang tidak merugikan pekerja dan liputan pers tentang pelanggaran-pelanggaran, sangat mempengaruhi program-program perusahaan untuk para karyawannya.
c.       Perlindungan terhadap investor. Perlindungan terhadap investor melalui peraturan wajib lapor, merupakan sisi positif yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menahan investor, mempengaruhi calon investor potensial.
d.      Kontrol kualitas dan keamanan atas produk-produk dan pelayanan dengan keuntungan yang memadai.
e.       Integritas manajemen. Meningkatnya perhatian masyarakat terhadap perilaku bisnis perusahaan-perusahaan industri, terutama interaksi mereka dengan pemerintah dan struktur politik, serta komunitas menjadikan perusahaan berhati-hati memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan KKN.
f.       Pertahanan nasional, konservasi dan perlindungan sumber alam, serta perlindungan lingkungan adalah hal-hal yang sangat berpengaruh terhadap dunia industri.
g.       Hak Asasi Manusia. Pelanggaran hak asasi manusia merupakan alasan yang sering digunakan untuk menjatuhkan sebuah bisnis, menurunkan nilai investasi bahkan pembatalan investor yang sangat menopang kehidupan industri dan bisnis.
h.      Hak untuk mendapatkan keterangan/informasi. Meningkatnya arus informasi yang cepat mengakibatkan makin luasnya kesepakatan bahwa masyaratkat mempunyai hak untuk mendapatkan informasi, terutama mengenai keputusan-keputusan atau tindakan yang akan membawa dampak atau mempengaruhi masyarakat.

2.     Peran Humas Industri Dan Bisnis
Beberapa penerapan humas dalam industri dan bisnis meliputi :
Ø  Hubungan dengan pelanggan,
Ø  Hubungan humas terhadap marketing yang pada akhirnya melahirkan terapan marketing PR (MPR),
Ø  Hubungan dengan pemegang saham,
Ø  Hubungan dengan karyawan,
Ø  Hubungan dengan pers,
Ø  Bantuan untuk merekrut pegawai baru,
Ø  Hubungan dengan komunitas tertentu,
Ø  Hubungan antar perusahaan/organisasi lain,
Ø  Hubungan dengan pemerintah ( legislative dan eksekutif). 

3.     Tujuan Humas Industri dan Bisnis
a.       Menurut Rosady Ruslan (2001, p.246) tujuan public relation adalah sebagai berikut:
Menumbuh kembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
b.       Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.
c.       Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relation.
d.      Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
e.       Mendukung bauran pemasaran.




4.     Contoh Kegiatan Humas Industri dan Bisnis.
Menghadapi persaingan produk/jasa di era kompetisi saat ini,mendorong PR dalam lembaga ini berperan pokok sebagai pendukung bagian pemasaran/penjualan yang bisa kita sebut Marketing PR atau MPR.PR berfungsi sebagai penarik minat calon konsumen terhadap produk/jasa melalui progam2 komunikasi.PR sebagai pencipta pasar sebelum produk itu diluncurkan.Misalnya saat sebuah perusahaan produsen mobil hendak meluncurkan mobil keluarga,PR menciptakan suasana publik dimana pentingnya atau menariknya mobil tipe keluarga ini.PR menciptakan isu2 berkaitan dengan mobil jenis ini.Maka sebelum mobil diluncurkan,pasar sudah terbentuk dari waktu sebelumnya.Seperti yang sudah saya bahas dalam postingan sebelumnya,mengapa MPR penting dalam organisasi profit? karena mengingat tidak lagi efisiennya iklan dan promosi dalam memasarkan produk,maka PR menjadi penting terutama untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap produk perusahaan.

4 komentar: